Air Terjun Kakek Bodo

      sumber foto : koleksi pribadi.

Di tanggal-tanggal penghujung bulan sering membuat kita galau sehingga penting sebenarnya untuk refreshing ke tempat sejuk dan indah. Jangan berpikir dengan modal cekak tidak dapat  berwisata, ya? Kita tengok salah satu destinasi wisata dengan biaya terjangkau di propinsi Jawa Timur. 


Salah satu tempat tersebut adalah Air Terjun Kakek Bodo yang berlokasi di lereng gunung Arjuno. Letak tepatnya adalah di Jln. Taman Wisata no. 541, Tretes, Prigen, kabupaten Pasuruan. Jika ditempuh dari pusat kota Surabaya berjarak sekitar 60 kilometer. Dan jika berangkat dari kota Sidoarjo kurang lebih 40 kilometer saja. Kita tengok jalur menuju wisata air itu jika berangkat menggunakan bus jurusan Surabaya - Malang turun di pasar buah Pandaan. Dilanjutkan naik angkot L300 jurusan Tretes turun di depan hotel tanjung atau depan pos pendakian gunung welirang. Perjalanan selanjutnya dengan jalan kaki sejauh 500 meter atau naik ojek. 


Tetapi dari gerbang atau loket tiket masuk menuju air terjun hanya dapat dilalui dengan jalan kaki saja. Dimana medan jalan terus menanjak sejauh 2 kilometer atau satu jam, tapi jalan setapak itu sudah rapi dan didampingi pemandangan yang indah. Pohon-pohon tinggi, tanaman perdu hijau sejuk di mata dan tenang di hati. Hingga melewati sebuah bangunan seperti gubuk, tapi terlihat bersih dan rapi yang merupakan makam kakek Bodo.

      sumber foto : liputan6.com

Menilik nama air terjun kakek Bodo sebenarnya ada kisah mengapa seorang kakek dinamai demikian.Ternyata nama Kakek Bodo itu hanya nama julukan yang diberikan oleh sebuah keluarga Belanda pada zaman dulu. Seorang kakek yang sudah lama ikut keluarga Belanda dan tiba-tiba ingin meninggalkan hidup keduniawian dengan bertapa jauh di dalam hutan yang sepi. Karena itulah keluarga Belanda menyebutnya ssbagai kakek Bodo atau kakek yang bodoh. 

      sumber foto : koleksi pribadi 

Meskipun tempat wisata kakek Bodo di lereng gunung Arjuno demikian jauh dan berliku, tapi setelah sampai di tujuan rasa lelah langsung hilang. Sejuknya udara selama perjalanan mendaki ditambah air terjun setinggi 40 meter tepat di depan mata dan kita bisa merasakan cipratan air jernih itu mengenai tubuh sangat dingin otomatis mampu menghapus rasa letih jalan kaki selama satu jam. 


Untuk acara libur silakan menjelajah alam indah bersama keluarga. Untuk anak-anak ada kolam renang, ada bangku berderet sepanjang jalan buat istirahat jika merasa lelah selama mendaki, dan juga tersedia beberapa toilet dengan air dingin langsung dari aliran alam.yang bening, bersih dan dingin pastinya.


-----------------------
#Tulisan ini dibuat untuk melengkapi tantangan menulis ODOP7.  

#oktober 
#nulisodop7 

#nulistantangan6 
#tantangan6
#destinasiwisata
#wisataairpasuruan
#airterjun
#airterjunkakekbodo

#tokyo
#OneDayOnePost 





Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Hitam Putih karya Andriyana

Ulasan Cerita Historical Fiction (Rara Mendut / Roro Mendut)

Biografi PJ Yah Dyah