MENULIS ADALAH DUNIAKU

     Hari ini tak pernah terbayangkan akhirnya terjadi. Dulu... dulu sekali, entah kapan tepatnya... aku pernah merasa merinding ketika mendengar puisi Aku karya Khairil Anwar dibaca. Membuat anganku membumbung menyentuh suatu masa di mana aku menjadi seorang penulis dengan karya-karya yang disukai banyak orang dan isinya diingat dalam waktu yang lama. Seperti aku dibuat merinding jika mendengar puisi karya Khairil Anwar itu dibaca.

Kata ibu, sejak sekolah masih di taman kanak-kanak aku sudah suka mencari buku-buku cerita terutama buku bergambar yang bercerita tentang kerajaan dengan putri-putrinya. Putri Aurora, Obelix, Cinderella, Bawang Merah Bawang Putih, dan cerita-cerita lainnya.

Duduk di sekolah dasar aku paling suka pelajaran mengarang. Biasanya tugas membuat tulisan saat masuk sekolah setelah liburan. Kata guru kelasku tulisanku paling panjang. Tidak ada pembahasan isi tulisan dengan detil, hanya satu kata 'bagus'.  Tentulah kata itu sebagai sebuah apresiasi karena ada tulisan yang lebih panjang dari tulisan anak-anak lain. 

Seiring berjalannya waktu aku pun semakin sering berburu bacaan. Dari majalah anak-anak, remaja dan beberapa majalah bisnis maupun politik.

Perkembangan media sosial dan dunia digital berjalan pesat sehingga berbagai hal bisa dibagi di dunia maya. Banyak hal juga macam-macam informasi bisa di bagi di sana, termasuk tentang platform-platform menulis. Jadilah aku menjelajah web mereka. Kelompok menulis juga aku ikuti. Hingga suatu waktu di bulan agustus, sekitar tahun 2017 tulisanku mampu menjadi tulisan
terbaik bersama 13 penulis lainnya.

Semangat ingin menulis selalu muncul jika melihat nama-nama yang aku kenal tertera di buku-buku yang terpajang di toko-toko buku ternama. Ada perasaan iri yang menumpuk membentuk harapan dan cita-cita. Membayangkan suatu hari namaku juga nangkring di toko buku ternama.

Greget rasa selalu timbul jika bertemu sesuatu maupun seseorang untuk segera ditulis pada secarik kertas atau dibuku kecil yang selalu ada di tas. Sebuah kata pemancing ide atau klu yang mampu menggerakkan jemari pada layar sentuh gawaiku atau pada komputer jinjing usangku.

-----------------------
#OneDayOnePost

'#ODOPBACHT7

@KomunitasOdop2

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Hitam Putih karya Andriyana

Ulasan Cerita Historical Fiction (Rara Mendut / Roro Mendut)

Biografi PJ Yah Dyah